by

Doa Pernikahan, Doa Terindah dalam Hidup

Salah satu doa terindah dalam hidup adalah doa pernikahan…

Islam-detik.com – Menikah adalah amal indah dipenuhi doa. Siapa yang pernah menikah atau menyaksikan saudara atau kerabatnya menikah akan mengetahui hal itu. Doa adalah permohonan bening yang membuat pernikahan senantiasa menggetarkan. Tak heran jika dikatakan kalau doa pernikahan, doa terindah dalam hidup.

Memang akan ada sekian banyak kerepotan, persiapan, volume kerja yang besar tapi intinya tetaplah pada doa tersebut. Para tamu datang, bergembira, makan bersama, dan mendoakan keberkahan serta kebaikan bagi pengantin.

Saat Nabi menikah dengan Aisyah di Madinah, hal itulah yang tegas tergurat. Saat itu Nabi baru berhijrah dan tak memiliki apa-apa. Persiapan diadakan seadanya. Aisyah memang sempat didandani dan memakai pakaian bagus, tetapi selebihnya tak ada yang khusus.

Para sahabat datang menyaksikan ijab kabul dan meminum hidangan susu. Setelah itu doa-doa berkumandang syahdu dalam rasa gembira-haru tertahan. Lalu, para tamu pun pulang.

Doa bagi kedua mempelai senantiasa mematrikan kesan mendalam. Seseorang sempat menuturkan, saat ia dilanda kepenatan dan rasa gelisah apakah tamu terpuaskan dengan hidangan, serta emosi dan materi yang terkuras, semua seolah sirna saat ia mendengar orang-orang mendoakan kepadanya: “Bârakallâhu lakumâ wa bâraka ‘alaykumâ, wa jama’a baynakumâ fî khayrin (Semoga Allah memberi keberkahan atas kalian berdua dan mengumpulkan kalian dalam kebaikan).”

Itulah doa pernikahan, doa terindah dalam hidup yang diajarkan Nabi yang diriwayatkan sebuah hadist dari Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah.

Si pencerita menuturkan, sebenarnya ia sudah mengetahui doa itu karna sudah demikian populer. Tetapi demi melihat cara orang melafalkannya ia terharu. Beberapa tamu yang menyalaminya berhenti sejenak di hadapannya dan dengan khusyuk melafalkan pelan doa itu. Sangat khusyuk dan serius, membuat ia tertegun dan tak bisa berbuat apa-apa selain mengucap amin dan syukur.

Baca juga:  Menyiapkan Malam Pengantin Baru [Bag. 3]

Betapa besar kebaikan Allah SWT kepadanya yang mengirim para tamu, para sahabat terkasih,  para pendoa tulus itu. Doa itu diperdengarkan langsung padanya sebagai harap akan baiknya pernikahan yang dijalani ke depan.

“Doa itu menghapus semua lelah, rasa khawatir akan seperti apa pernikahan saya kelak, membuat saya merasa sangat disayangi, dan menjadi kenangan yang sulit hilang dari bayangan. Alhamdulillah…” ujarnya.

Ya, saat makanan enak sudah selesai disantap, baju bagus sudah ditanggalkan, dan kesibukan dan tanggung jawab kembali hadir setelah menjadi raja sehari, doa-doa itulah yang tinggal, melesat menembus langit dan menjadi sebab datangnya banyak kebaikan.

Comment

Artikel Lainnya